Berapa harga memiliki sebuah kesehatan yang baik itu?
Uang bukan segalanya tapi kesehatan andalah yang paling berarti

Tahukah anda jika dinilai berapa harga dan arti dari kepemilikan atas tubuh yang sehat itu sebenarnya?

Saya selalu dikategorikan sebagai orang yang hitung-hitungan ketika sedang memutuskan untuk membeli suatu barang apapun itu. Apa artinya hal ini? Bagi saya, itu artinya bahwa benda atau barang yang saya incar tersebut yang sedang saya pikirkan untuk dibeli menwarkan lebih banyak manfaat ketimbang usaha saya yang harus saya keluarkan demi bisa membeli dan memiliki barang tersebut. Berikut contoh-contoh saya dalam menilai suatu barang dan mengaitkannya dengan kesehatan sehingga saya bisa menyimpulkan apakah suatu barang layak beli atau tidak?

1. Junk food:

Apakah sebatang coklat menyediakan kenikmatan yang cukup bagi saya jika saya mengeluarkan uang sebesar 20 ribu rupiah? Namun sayangnya bagi saya dan bagi kebanyakan orang lainnya jawaban terhadap pertanyaan ini adalah ya meskipun kita sendiri tahu coklat batangan yang memiliki kandungan gula dan susu yang tinggi tidaklah terlalu baik bagi kesehatan kita. Masyarakat kita dipenuhi oleh orang-orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan dikarenakan ada begitu banyak makanan junk food yang dijual murah demi memenuhi kebutuhan kenikmatan sementara. Sayangany, dalam jangka waktu yang lama, efek kumulatif dari junk food yang kita makan secara berlebihan akan berakibat pada penurunan kesehatan tubuh kita sehingga ujung-ujungnya harganya menjadi sangat mahal yang kita harus bayarkan nantinya untuk menyembuhkan penyakit kita. Resiko dari makanan murah junk food adalah anda sedang mengorbankan kesehatan anda di masa depan.


2. Makanan GMO (Genetically Modified Organism)
Ini merupakan sebuah keputusan yang sulit karena jenis makanan yang telah dimodifikasi secara genetis atau rekayasa genetika ini contohnya: Sebagai contoh, tanaman jagung yang mudah terserang hama, melalui rekayasa genetis, dapat di "silangkan" dengan jenis bakteri yang dapat "melawan" hama tersebut, sehingga jadi lah tanaman jagung type baru yang tahan hama, telah begitu "meracuni" dunia. Produktifitas dalam produksi jenis makanan ini semakin meningkat dan harganya semakin murah namun sama seperti junk food, makanan GMO ini juga pada ujungnya akan mengorbankan kesehatan kita karena organisme yang telah dimodifikasi secara genetis biasanya memiliki resiko dan efek samping yang serius pada kesehatan.


 3. Alat-alat hiburan

Yang dikategorikan sebagai alat-alat hiburan ini sangatlah luas, mulai dari musik, olahraga, pergi ke bioskop, membeli televisi, komputer, internet, dll. Selain dari olahraga profesional dan produksi teatrikal, alat-alat hiburan ini pada umumnya sangatlah mahal harganya dari segi sisi finansial. Bagi saya harga sebenarnya adalah pada "kematian otak" dikarenakan nantinya kita akan menghabiskan begitu banyak waktu di depan televisi, kehilangan waktu bersama keluarga dan merusak jadwal tidur kita dikarenkan kita akan kecanduan bermain internet, ataupun kita akan kehilangan sosialisasi kita dengan rekan-rekan kita akibat asik surfing di internet.


 4. Air
Sadarkah anda bahwa ini kategori yang sangat penting bagi kelangsungan hidup anda? Kebanyakan dari kita berpikir bahwa air itu gratis dikarenakan kita bisa saja tidak perlu membayar untuk minum air yang berasal dari keran. Sekali lagi, harganya tidak bisa diukur dengan menggunakan uang. Meskipun air keran itu hampir bisa dikatakan gratis, namun tahukah anda bahwa air keran itu sering mengandung racun yang dapat mengakibatkan masalah kesehatan dalam jangka panjang.

Orang orang yang mengkonsumsi air Reverse Osmosis alias RO dengan membeli mesin RO seharga 6 juta hingga 10 juta bisa jadi sudah cukup tepat dalam istilah mengeliminasi kontaminan berbahaya dari dalam air, namun sayangnya kelemahan dari sistem RO ini, meski ia mampu membuang semua kontaminan berbahaya dari dalam air, ia juga membuang mineral-mineral baik yang seharusnya tidak boleh dibuang seperti mineral kalsium dan magnesium karena mineral ini diperlukan oleh tubuh. Pembuangan semua kandungan mineral baik yang baik maupun jelek pada sistem Reverse Osmosis (RO) akan menjadikan air itu kosong dan bersifat asam sehingga kurang baik bagi tubuh dikarenakan tubuh yang sehat cenderung bersifat alkali dan memperoleh mineral-mineral alkali dari makanan saja tidaklah cukup.

Alternatif untuk mengatasi hal ini adalah dengan membeli mesin ionisasi air alkali seperti mesin kangen water buatan enagic jepang dimana mesin ini mampu menyaring kontaminan berbahaya dari dalam air melalui filter yang ada di dalam mesin kangen water sambil tetap mempertahankan mineral-mineral baik yang terkandung di dalam air seperti kalsium dan mangnesium, serta prosesnya sendiri akan mengubah air bahan baku menjadi air yang bersifat alkali dan sangat sesuai bagi tubuh untuk menyehatkan tubuh anda. Kelemahan dari mesin kangen water ini adalah harga mesin kangen water yang cukup mahal yaitu berkisar 50 jutaan. Seperti istilah ada harga ada kualitas. Jika anda menginginkan kesehatan, maka ada harga yang harus berani anda bayarkan, jika anda ingin membayar murah, maka barang murah juga yang akan anda dapatkan. Anda bisa membeli sekaleng minuman bersoda yang bersifat asam yang dihargai murah kurang dari Rp 10 ribu perkalengnya namun di masa depan minuman itu akan mengorbankan kesehatan anda dikarenakan ia merupakan minuman yang bersifat asam dengan kandungan gulan yang tinggi sehingga dapat menyebabkan penyakit pada tubuh. Jika anda lebih memilih membeli mesin kangen water yang mampu menyediakan keperluan air yang sehat bagi anda, maka yang harus anda bayarkan adalah mahal di awal namun kesehatan anda kedepannya akan lebih terjamin.

Sebenarnya masih ada banyak sekali hal-hal yang bisa kita ukur dari segi nilai baik nilai secara fisik (yaitu uang alias harga barang) maupun nilai suatu benda atau makanan dari segi dampak kesehatan pada tubuh kita, dan apakah kita akan membayar efeknya di kemudian hari, itulah yang harus kita pertimbangkan. Jadi sebelum anda membeli sesuatu hendaknya anda mengukur apakah hal tersebut layak anda beli? Apakah harga murah yang anda bayar hari ini akan mengakibatkan anda membayar mahal di kemudian hari atas problem kesehatan anda seperti terkena berbagai macam penyakit, atau harga mahal yang anda bayar hari ini (seperti berinvestasi membeli mesin kangen water) akan dapat anda nikmati manfaatnya bersama keluarga bertahun-tahun kedepan dengan terjaganya kesehatan tubuh anda dan keluarga yang anda cintai. Semuanya bukan soal harga yang tertera, tapi seberapa penting nilai barang tersebut bagi kehidupan anda.