Perbandingan mesin RO (Reverse Osmosis) vs Kangen Water
Perbedaan antara air RO dan Kangen Water

Pro kontra reverse osmosis ro dibandingkan kangen water

tulisan hasil penelitian dari : Mrs. Cathleen Lograsso (Pemerhati kesehatan dan nutrisi independen amerika)

Reverse osmosis alias RO dikatakan sebagai bentuk dari filtrasi terbaik. banyak orang yang memiliki mesin RO yang berpikir bahwa air yang mereka minum sangatlah sehat. saya ingin memberikan sedikit pencerahan mengenai hal ini dengan membandingkan antara air reverse osmosis RO dengan air alkali kangen water yang dihasilkan oleh mesin kangen water.

Apa itu RO?

RO merupakan singkatan dari reverse osmosis. hal ini akan mudah kita mengerti jika kita menjabarkan apa itu osmosis terlebih dahulu.

osmosis adalah kecenderungan suatu cairan, biasanya adalah air, untuk masuk melewati membran semipermeable ke dalam solusi (cairan) dimana konsentrasi pelarut lebih tinggi, sehingga menjadikannya kesetaraan konsentrasi dari material di kedua sisi dari membran tersebut.
jadi dengan demikian reverse osmosi adalah ketika tekanan diaplikasikan pada satu sisi dari membran semipermeable dalam kaitannya untuk mendapatkan air yang murni dari solusi cairan tersebut. hal ini sebenarnya menentang sifat alami dari air seperti yang ada di alam.
tipikal dari sistem RO akan termasuk didalamnya yaitu filter sedimen, sebuah membran RO, sebuah kontainer penyimpanan air yang mengalami tekanan, sebuah post filter dan keran air yang terpisah.

Keuntungan dan Kerugian dalam menggunakan RO

Proses ini dikenal baik akan kemampuannya menghilangkan kandungan mineral-mineral dari dalam air. hal ini merupakan jalan terbaik jika ingin mengolah air payau atau air laut. ia akan membuang hingga 93% sodium yang terlarut di dalam air. hal ini sering digunakan ketika seseorang menggunakan softener keseluruhan rumah yang menggunakan sodium. proses ini dikategorikan sebagai air yang tidak sehat untuk diminum yang memiliki kandungan sodium sehingga anda dapat mengkonsumsi terlalu banyak sodium jika anda meminumnya.

sistem RO (reverse osmosis) akan memastikan pengurangan dari total dissolved solids atau TDS dari air. hal ini merupakan statment positif bahwa tidak ada kontaminan atau zat-zat lain di dalam air. namun akan ada teramat sangat sedikit mineral ataupun tidak ada sama sekali mineral pada air yang telah menjalani proses ro ini. hal ini tidaklah baik bagi tubuh jika anda minum air yang tidak mengandung mineral sama sekali dan air ro cenderung malah akan mencuri mineral-mineral yang telah ada di dalam tubuh.

saat ini sistem ro ada terdapat penambahan mineral atau penambahan mineral kemabali ke dalam air, atau andapun memiliki opsi menambahkan mieneral filter pada jalur sistem ro ini.

Kenapa air alkali kangen water jauh lebih baik dibandingkan air RO (reverse osmosis)?

mesin kangen water mampu memproduksi air yang bersifat alkali serta kaya akan antioksidan sehingga hal ini dapat mencegah makanan, minuman, stress, dll yang bisa membuat tubuh anda menjadi bersifat asam. air kangen water akan menghalau sifat asam yang biasa kita jalani dalam kehidupan sehari-hari di zaman modern ini dan membuat tubuh dapat menjaga keseimbangan alaminya alias homeostasis.Omong-omong anda dapat mengkombinasikan mesin ro dengan mesin kangen water dengan hal yang harus anda pahami sebagai berikut.

mesin kangen water membutuhkan air yang mengandung mineral untuk dapat mengionisasi air dengan benar. oleh karenanya sistem ro anda harus dilengkapi dengan remineralisasi alias penambahan mineral ulang setelah menjalani proses ro.

terdapat mineral sehat dan bersifat alkali di dalam air kangen water. hal ini sangatlah bagus mengingkat bahwa air yang anda minum yang berasal dari mesin kangen water tidak akan mencuri mineral dari dalam tubuh melainkan menambahkan mineral-mineral yang penting bagi tubuh. mesin kangen water sendiri memiliki filter yang ada di dalam mesin, filter ini, tergantung dari mesinnya, akan memfilter sebagian besar kontaminan. ada beberapa kontaminan seperti fluoride, amonia, sulphur, dan arsenik yang tidak sepenuhnya dapat dieliminiasi oleh mesin RO (reverse osmosi) sehingga hal ini membutuhkan bantuan mesin kangen water untuk mengeliminasi kotaminan ini yang dapat menargetkan secara spesifik kontaminan berbahaya ini dan mengeliminasi toksin yang terdapat dalam air tersebut.

Alasan kenapa reverse osmosis tidak efektif dalam mengeliminasi fluoride adalah bahwa ia bergantung pada ukuran molekul untuk menyaring kontaminan tersebut keluar dari air. fluoride adalah elemen yang memiliki ukuran yang sangat kecil, yang posisinya ada di samping oksigen dalam table periodik. sebuah aliran yang pelan dari air melalui filter karbon akan mengeliminasi sekitar 85% dari fluoride. media filter yang spesifik seperti activated alumina, akan mengeliminasi fluoride hingga 99%. kenapa hal ini jauh lebih baik? karena media filter activated alumina akan secara kimiawi menarik fluoride ke dalamnya dan ketika fluoride tersebut terjebak di dalam media filter tersebut maka ia tidak akan bisa lari kemana-mana.

Selain dari hal filtrasi yang lebih baik, apa lagi yang anda inginkan untuk mengkombinasikan meisn kangen water dengan mesin reverse osmosis (RO)?

mesin kangen water memiliki antioksidan yang berlimpah. mesin kangen water pada dasarnya merupakan bentuk yang paling dasar dari pencipta antioksidan. hal ini dapat diukur dari tingkat ORP (oxidation reduction potential). semakin rendah ke angka minus, maka artinya antioksidannya akan semakin baik. mesin kangen water telah ditest dan mampu menghasilkan antioksidan dengan kandungan orp minum 400 hingga minus 800. sedangkan air keran yang normal biasanya sudah teroksidasi dengan kandungan orp positif 200 hingga positif 500 yang artinya ia cenderung akan mengoksidasi tubuh membuat banyak radikal bebas di dalam tubuh.

sedangkan pada mesin RO, bahkan jika anda dapat mengatasi masalah sifat asam pada mesin reverse osmosis sekalipun dengan penambahan mineral alkali, tetap saja mesin RO tidak akan mampu membuat air yang memiliki antioksidan. mesin RO biasanya menghasilkan air yang memiliki positif ORP sekitar +300 an yang sangat teroksidasi sehingga dapat mengokidasi tubuh anda.
Pada kebanyakan kontaminan, selain dari sodium, tingkat kekuatan ekstrim dari radium, tak ada keuntungan yang besar dari menggunakan mesin ro sama sekali. tentu saja filtrasi yang baik sangat kita inginkan, namun dengan membeli mesin kangen water saja sudah menyediakan anda akan filtrasi yang baik ini.

kesimpulannya jika anda disuruh memilih apakah ingin membeli mesin ro atau mesin kangen water maka pilihlah mesin kangen water dikarenakan banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan dari air yang dihasilkan melalui kangen water ini (diantaranya antioksidan yang tidak mungkin bisa dihasilkan dari mesin RO).

jika anda sanggup membeli 2 mesin yaitu mesin RO dan mesin kangen water, maka anda dapat menggabungkan penggunaan keduanya dengan air RO sebagai air bahan baku (yang nantinya harus di tambahkan mineral ulang setelah menjalani proses RO) dan setelahnya air bahan baku RO tersebut diproses ke dalam mesin kangen water untuk diubah menjadi air alkali yang kaya akan antioksidan dan baik bagi kesehatan tubuh, sel, organ, dan seluruh jaringan di dalam tubuh anda.

Sumber referensi bacaan:
http://en.wikipedia.org/wiki/Reverse_osmosis
https://www.ag.ndsu.edu/pubs/h2oqual/watsys/wq1047.pdf